a. Segmentation from a tour market in asean
In the market research report on "Opportunities in Malaysian Tourism Industry” provides an in-depth analysis of the present and future prospects of the Malaysian tourism industry. The report focuses on different tourism parameters: Inbound Tourism, Outbound tourism, Expenditure by Inbound tourists, expenditure by outbound tourists, accommodation facilities, transportation facilities and medical tourism. This report helps clients to analyse the opportunities and factors critical to the success of tourism industry in
RNCOS’ "Opportunities in Singapore Tourism Industry (2007-2009)” report gives an in-depth analysis of the present scenario and future prospects of the
Thailand : Malaysia, Jepang, Korea
"Opportunities in Thailand Tourism Industry” report gives an in-depth analysis of the present and future prospects of the
Vietnam : Cina, usa Jepang
In its "Opportunities in Singapore Tourism Industry (2007-2009)” report on RNCOS provides an in-depth analysis of the present as well as future prospects of the
Indonesia : Cina, Taiwan, timur tengah
The increase in perceptions of terrorist threat, embodied most graphically in
b. Perbandingan jumlah wisatawan Indonesia, Malaysia,
Singapura, Thailand, Vietnam pada tahun 2007:
- Jumlah wisatawan yang pergi ke
- Jumlah wisatawan yang pergi ke
- Jumlah wisatawan yang pergi ke Singapura adalah 37.822 orang.
- Jumlah wisatawan yang pergi ke
- Jumlah wisatawan yang pergi ke
c. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki masing-masing
Negara:
1. Keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia:
Bila kita tiba-tiba ditanya : apa sesungguhnya kekuatan atau
daya tarik pariwisata Indonesia yang membedakannya dengan
negara lain, sehingga layak dijual ? Pada umumnya akan
menjawab keindahan alamnya. Untuk yang jarang melakukan
perjalanan wisata ke mancanegara maka jawaban tersebut mungkin
benar karena memang tidak pernah melihat alam lain. Atau
budayanya, tapi budaya yang mana Bali kah atau Jawa, Toraja,
atau yang lainnya. Kembali pengelolaan peninggalan budaya
masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan peninggalan
budaya Yunani, Roma, Mesir, kemampuan kita masih tertinggal.
Bahkan di kawasan ASEAN saja pengelolaan peninggalan budaya
kita masih ketinggalan dibandingkan dengan Thailand atau
Kamboja dengan Angkor Wat nya. Kesemuanya ini perlu
dikemukakan agar tidak timbul arogansi yang sempit bahwa
Indonesia adalah segalanya, terindah di dunia, cepat berpuas
diri; sehingga dikiranya setiap warga dunia mendambakan untuk
dapat berkunjung ke Indonesia dengan cara menabung atau cara
lainnya. Sesungguhnya keindahan alam ataupun peninggalan
budaya secara fisik tidak lebih dari seonggokan gunung atau
candi ataupun benda/bangunan lainnya, ataupun pantai yang
indah yang juga dimiliki oleh berbagai negara yang lokasinya
berdekatan dengan lumbung turis internasional. Karena tanpa
adanya komunitas disekitar monumen, gunung atau pantai maka
obyek wisata tersebut tidak lebih dari benda mati, tidak ada
roh kehidupan dan bahkan tidak berarti apa-apa bagi
pengunjung. Oleh karena itu haruslah disadari bahwa kekuatan
pariwisata Indonesia adalah terletak pada manusianya. Manusia
yang hangat, ramah tamah, murah senyum dan gemar menolong
tamunya, sehingga membuat “kangen” untuk kembali lagi.
Gambaran ini adalah pada umumnya manusia Indonesia memang
bercirikan demikian dan kita akui pula bahwa memang ada juga
sekelompok kecil bangsa Indonesia yang mempunyai tingkah laku
tidak seperti yang digambarkan, dan ini hanyalah ekses dari
berbagai perubahan yang saat ini sedang berlangsung di
Indonesia.
2. Keunggulan yang dimiliki oleh Malaysia:
Multikultur, etnis, pusat perbelanjaan, pedagang kaki-lima, pencurian hak cipta, pembangunan, hutan tropis, pantai pasir putih, dan gunung, semua dipasarkan Malaysia sebagai objek wisata.
Jalan mulus, trotoar tersedia di tepi jalan dan garis batas untuk kendaraan dengan pejalan kaki tergores rapih sampai di luar kota. Jalan rapih, batas kawasan pemukiman menengah, pemukiman bawah, pemukiman kelas atas, dan antara pemukiman dengan kawasan usaha, ini semua yang tidak ada di Indonesia.
Infrastruktur menjadi keunggulan Malaysia. Tersedianya tempat, transportasi, logistik bagi wisatawan membuat kenyamanan wisata.
3. Keunggulan yang dimiliki oleh Singapore:
Singapura yang disebut-sebut sebagai negeri paling makmur di Asia Tenggara ini, memang dikenal sebagai salah satu negara di benua Asia yang berkembang cukup pesat, dan hingga saat kini terus berusaha memberikan perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan negerinya.
Singapura memiliki banyak prestasi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti halnya dalam bidang perekonomian yang tumbuh secara cepat, sehingga siapa yang sangka bahwa daerah yang dulunya menjadi salah satu lokasi perperangan Perang Dunia II itu, kini tumbuh menjadi pusat perdagangan dan industri dunia.
Serta hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah Singapura memiliki objek wisata yang tak terlupakan. Hal yang pertama di cari oleh wisatawan biasanya adalah patung Marlion, yakni sebuah patung berkepala singa namun bertubuh Ikan, yang menjadi icon Singapura yang telah dikenal di seluruh dunia. Singapura juga memiliki jalanan yang tersohor hingga belahan dunia, jalanan yang paling di cari oleh wisatawan, Orchard Road, di sini terkenal sebuah istilah “Sale-abration” karena selain menyediakan produk kenamaan, produk yang dijual dengan harga miring juga tersedia disini. Bahkan ada sebuah perayaan yang dikenal dengan nama Great Singapore Shopping Challenge yang biasa diadakan pada bulan Mei hinga Juli setiap tahunnya.
Singapura terkenal sebagai surganya para penikmat kuliner dari seluruh dunia, sehingga menjadikan para penikmat kuliner tersebut menjadi seseorang yang ‘Food-a-Holic’ alias menjadi gila makan, karena memang salah satu keunggulan Singapura terletak dari banyaknya aneka kuliner yang mereka tawarkan.
Singapura juga dikenal dengan segala macam perayaan hari-hari istimewa mereka yang senantiasa di laksanakan dengan sangat meriah, yang tentu saja selalu di tunggu-tunggu oleh wisatawan dunia. Pada awal tahun, kemeriahan di awali dengan adanya New Year Party. Yang biasa diadakan meriah di seluruh penjuru
Dan untuk dunia pariwsiata di Singapura, belum lengkap apabila kita belum menyertakan Pulau Sentosa ( Sentosa island ).
4. Keunggulan yang dimiliki oleh
Untuk berwisata, Thailand tak terlalu jauh dan relatif murah, berkunjung ke sana tak terasa pergi ke tempat yang asing. Kita merasa bersahabat dengan banyak hal: wajah orang-orangnya, kemacetan jalannya, taksi atau kendaraan umum lainnya, atau pun dengan aneka macam hidangan makanannya, seperti di rumah sendiri.
5. Keunggulan yang dimiliki oleh Vietnam:
Sungai Saigon yang membelah kota juga memberi nuansa yang menambah keindahan kota ini. Selain menjual pemandangan alamnya yang indah, pemerintah Vietnam menawarkan wisata perang kepada turis. Dua objek utamanya adalah Terowongan Cu Chi di Provinsi Cu Chi, yang berjarak sekitar 60 km utara kota Ho Chi Minh, dan War Remnant Museum di kota.
Terowongan Cu Chi memang salah satu tujuan wisata yang ingin dikunjungi banyak orang untuk menyaksikan bukti-bukti kegigihan kaum komunis Vietnam melawan pasukan asing.
e. Anggaran wisata masing-masing Negara pada tahun
2007:
- Anggaran wisata Indonesia untuk tahun 2007 sebesar Rp 300 Miliar
- Anggaran wisata Malaysia untuk tahun 2007 sebesar Rp 105,7 Miliar
- Anggaran wisata Thailand untuk tahun 2007 sebesar 61 Juta Dollar / 2.5 Miliar Bath
- Anggaran wisata Vietnam untuk tahun 2007 sebesar $ 13 Juta
- Anggaran wisata Singapura untuk tahun 2007 sebesar SGD 10 Juta.
a. Objective Visit Indonesia year 2008
Tujuannya adalah membuat pariwisata Indonesia menjadi salah satu penghasilan Bangsa Indonesia. Dengan Visit Indonesia 2008 ini juga diharapkan bangsa
Continuing the success of the previous show, DEEP Indonesia 2008 will be held at a bigger andmore prestigious venue, the
With 3,000sqm of prime exhibition space, DEEP Indonesia 2008 is the opportunity to promote Diving, Adventure Travel and Water Sports to
DEEP Indonesia 2008 is the only international Diving, Adventure Travel and Water Sports exhibition to be held in
DEEP Indonesia 2008 targets some 15,000 local and international visitors and will incorporate seminars, workshops, dialogues and special events – all creatively organized to give maximum exposure to exhibitors and provide invaluable education and motivation to interested buyers and visitors. DEEP Indonesia 2008 is a focus on
To develop the industry and community of Scuba Diving, Travel Adventure and Water Sports in
To promote
To increase awareness of the underwater environment and the conservation of natural marine resources.
Whichever part of the industry you work in- whether it be in dive centers and water sports operations, manufacturers or adventure travel agents - Deep Indonesia 2008 will be giving large benefits if you decide to participate.
b. Marketing Strategy of Visit Indonesia year 2008
1. Marketing Strategy yang akan dipakai adalah mengadakan Tourism Package.
2. Advertising Strategy yang akan dilakukan adalah
a. Memasang Billboard, poster dan brosur
b. Membuat iklan
c. Membuat film layar lebar
d. Membuat official website
3.Public Relations yang akan dilakukan adalah
a. Mengadakan seminar
b. Mengadakan penyuluhan ke tempat-tempat wisata
c. Sponsorship
4. Event yang akan dilakukan adalah
a. Konser kebudayaan
b. Pameran kebudayaan
c. Implementation for Marketing Strategy of Visit
Indonesia year 2008
- Marketing Strategy yang akan dipakai adalah mengadakan Tourism Package.
Tempat : Danau Toba , Borobudur, Bunaken, Bali, Madura (Karapan Sapi), Jakarta dan Irian Jaya
Tanggal : Mei 2008 – Desember 2008
Tujuan : Memberikan paket ekonomis untuk turis yang ingin bepergian secara singkat dan praktis
Isi : Paket Wisata 10 hari ke 7 titik wisata di Indonesia, sudah termasuk akomodasi dan konsumsi
2. Advertising Strategy yang akan dilakukan adalah
a. memasang Billboard, poster dan brosur
Judul : Visit Indonesia 2008
Tempat : i. Billboard : Daerah wisata dan perkotaan besar
ii. Poster : Kampus, sekolah dan kantor juga instansi pemerintah
iii. Brosur : di berbagai dept. Store dan tempat – tempat hiburan
Tujuan : menyebarkan informasi Visit Indonesia 2008 sebanyak-banyaknya ke seluruh masyarakat
b. membuat iklan
Judul : Visit Indonesia 2008
Media : Stasiun TV, Koran , tabloid , majalah dan website
Sasaran : Seluruh Negara
Tujuan : menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk mengetahui dan turut serta dalam program Visit Indonesia 2008
c. membuat film layar lebar
Judul : Love me Indonesia
Isi : Sebuah kisah romantisme sepasang kekasih yang berlatar
belakang beberapa titik pariwisata terkenal di Indonesia
Tujuan : Memperlihatkan keindahan Indonesia secara tidak langsung ke seluruh penggemar film
d. membuat official website
Judul : Visitindonesiaofficialsite.com
Isi : Dokumentasi tentang seluruh objek wisata dari bebagai propinsi
Tujuan : Memperlihatkan kelebihan pariwisata Indonesia kepada seluruh pengguna internet
3. Public Relations yang akan dilakukan adalah
a. mengadakan seminar
Judul : Visit Indonesia 2008 for us to us
Tempat : Balai Sarbini
Tanggal : 4 Maret 2008
Tujuan : Memberi pengetahuan sebanyak mungkin tentang strategi Visit
Indonesia 2008
Peserta : seluruh aparat-aparat pemerintahan dari seluruh propinsi
b. mengadakan penyuluhan ke tempat-tempat wisata
Tempat : Seluruh tempat wisata inti di
Tanggal : 20 Februari 2008 – 3 Maret 2008
Tujuan : Memberikan pendidikan bahasa dan penyuluhan untuk persiapan
kedatangan turis dari seluruh penjuru dunia
Peserta : Seluruh aparat dan pegawai di tempat wisata di seluruh
c. Sponsorship
Acara : Mensponsori acar- acara kebudayaan
maupun di luar
Tujuan : menunjukkan segala itikad baik untuk membuat masyarakat
positif dengan program Visit Indonesia 2008
4. Event yang akan dilakukan adalah
a. Konser kebudayaan
Judul : Music for
Tempat : Gelora Bung Karno
Tanggal : 3 April 2008
Tujuan :Menunjukkan berbagai macam keragaman seni yang dimiliki bangsaIndonesia dari sabang sampai merauke
Media : TV dan media massa
b. Pameran kebudayaan
Judul :
Tempat : TMII
Tanggal : 20 Maret 2008
Tujuan : Mengajak turis dan bangsa Indonesia lebih mengenal budaya
Indonesia.
Acara : Mengadakan sehari gratis di TMII
Peserta : Seluruh duta besar seluruh Negara
Pendapat mengenai keberhasilan strategi ini
Strategi yang saya terapkan di atas adalah cara terbaik yang dapat Indonesia lakukan untuk meningkatkan Tourism. Dengan event dan exibition kita dapat mengundang seluruh perwakilan dari seluruh negara untuk datang dan melihat acara tersebut, dengan harapan banyak media dapat meliputnya. Poster, billboard dan iklan yang diadakan secara besar-besaran dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mengetahui tentang program Visit Indonesia 2008. Untuk menjangkau turis dari luar negeri kita menggunakan iklan di berbagai website ternama. Seperti yang kita ketahui teknologi internet di luar Indonesia telah menjadi teknologi yang umum. Dan digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kami juga akan membuat sebuah film layar lebar dengan harapan dapat menembus box office di berbagai negara. Tentunya dengan kolaborasi dan bantuan tenaga ahli dari luar Indonesia.
Seminar yang diadakan diharapkan dapat membuat segala sendi-sendi pemerintahan di Indonesia dapat tanggap dan bersatu untuk menuju Visit Indonesia 2008. Pengadaan penyuluhan dikhususkan untuk mempersiapkan tempat-tempat wisata yang kira-kira akan dikunjungi oleh turis-turis. Dengan itu para turis dapat menikmati kepuasan yang tinggi terhadap objek wisatanaya. Kami juga akan mengadakan sponsorship dengan bidang yang selektif yaitu hanya di bidang pariwista dan budaya. Contoh pagelaran budaya di luar negeri atau konser budaya.
Terakhir kami juga membuat Tourism Package yang akan memudahkan para Turis untuk mengenal Indonesia lebih mudah.
GANTT CHART VISIT INDONESIA 2008
ACTIVITY | JAN O8 | FEB O8 | MAR O8 | APR O8 | MEI O8 | JUN O8 | JUL O8 | AGT O8 | SEP O8 | OKT O8 | NOV O8 | DES O8 | |||||||||||||||
Susun kegiatan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
cari sponsor | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Survey | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
makanan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
publikasi | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
seminar | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
konser | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
film | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
penyuluhan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
exibition | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
tourism package | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
0 Response to "Marketing: Visit Indonesia 2008"
Posting Komentar