Marketing: Visit Indonesia 2008

a. Segmentation from a tour market in asean

Malaysia : Singapura, Thailand and India

In the market research report on "Opportunities in Malaysian Tourism Industry” provides an in-depth analysis of the present and future prospects of the Malaysian tourism industry. The report focuses on different tourism parameters: Inbound Tourism, Outbound tourism, Expenditure by Inbound tourists, expenditure by outbound tourists, accommodation facilities, transportation facilities and medical tourism. This report helps clients to analyse the opportunities and factors critical to the success of tourism industry in Malaysia.

Singapore : Malaysia, Indonesia, Filipina

RNCOS’ "Opportunities in Singapore Tourism Industry (2007-2009)” report gives an in-depth analysis of the present scenario and future prospects of the Singapore tourism industry. It focuses on different parameters of Singapore tourisms industry including Inbound Tourism, Outbound tourism, Expenditure by Inbound tourists, expenditure by outbound tourists, accommodation facilities, transportation facilities, and medical tourism.

Thailand : Malaysia, Jepang, Korea

"Opportunities in Thailand Tourism Industry” report gives an in-depth analysis of the present and future prospects of the Thailand tourism industry. It looks into the Thailand tourism industry in detail with the focus on different tourism parameters: Inbound tourism, Outbound tourism, Expenditure by Inbound tourists, expenditure by outbound tourists, Accommodation facilities, Transportation facilities, and Medical tourism. This report helps clients to analyze the opportunities and factors critical to the success of tourism industry in Thailand.

Vietnam : Cina, usa Jepang

In its "Opportunities in Singapore Tourism Industry (2007-2009)” report on RNCOS provides an in-depth analysis of the present as well as future prospects of the Vietnam tourism industry. It looks into the Vietnam tourism industry in detail with focus on different tourism parameters: Inbound Tourism, Outbound tourism, Expenditure by Inbound tourist, accommodation facilities, and transportation facilities. This report helps clients to analyze the opportunities and factors critical to the success of tourism industry in Vietnam.

Indonesia : Cina, Taiwan, timur tengah

The increase in perceptions of terrorist threat, embodied most graphically in Bali, but present both before the bombings in Kuta and after in a more escalated form for all countries, especially in South East Asia. Presently however, incoming tourist figures seem to be less affected than even the more optimistic estimates. Bali's tourism industry was of course hit badly immediately following the blast, but even in Bali, recovery has been faster than many predicted. Most significantly, it has been US domestic tourism that has been most affected worldwide, and while US incoming tourism has seen some retraction, inter-Asian tourism has been less affected.

b. Perbandingan jumlah wisatawan Indonesia, Malaysia,

Singapura, Thailand, Vietnam pada tahun 2007:

- Jumlah wisatawan yang pergi ke Indonesia adalah 3.355.281 orang.

- Jumlah wisatawan yang pergi ke Malaysia 13.574.786 orang.

- Jumlah wisatawan yang pergi ke Singapura adalah 37.822 orang.

- Jumlah wisatawan yang pergi ke Thailand adalah 55.000 orang.

- Jumlah wisatawan yang pergi ke Vietnam adalah 200,000 orang.

c. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki masing-masing

Negara:

1. Keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia:

Bila kita tiba-tiba ditanya : apa sesungguhnya kekuatan atau

daya tarik pariwisata Indonesia yang membedakannya dengan

negara lain, sehingga layak dijual ? Pada umumnya akan

menjawab keindahan alamnya. Untuk yang jarang melakukan

perjalanan wisata ke mancanegara maka jawaban tersebut mungkin

benar karena memang tidak pernah melihat alam lain. Atau

budayanya, tapi budaya yang mana Bali kah atau Jawa, Toraja,

atau yang lainnya. Kembali pengelolaan peninggalan budaya

masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan peninggalan

budaya Yunani, Roma, Mesir, kemampuan kita masih tertinggal.

Bahkan di kawasan ASEAN saja pengelolaan peninggalan budaya

kita masih ketinggalan dibandingkan dengan Thailand atau

Kamboja dengan Angkor Wat nya. Kesemuanya ini perlu

dikemukakan agar tidak timbul arogansi yang sempit bahwa

Indonesia adalah segalanya, terindah di dunia, cepat berpuas

diri; sehingga dikiranya setiap warga dunia mendambakan untuk

dapat berkunjung ke Indonesia dengan cara menabung atau cara

lainnya. Sesungguhnya keindahan alam ataupun peninggalan

budaya secara fisik tidak lebih dari seonggokan gunung atau

candi ataupun benda/bangunan lainnya, ataupun pantai yang

indah yang juga dimiliki oleh berbagai negara yang lokasinya

berdekatan dengan lumbung turis internasional. Karena tanpa

adanya komunitas disekitar monumen, gunung atau pantai maka

obyek wisata tersebut tidak lebih dari benda mati, tidak ada

roh kehidupan dan bahkan tidak berarti apa-apa bagi

pengunjung. Oleh karena itu haruslah disadari bahwa kekuatan

pariwisata Indonesia adalah terletak pada manusianya. Manusia

yang hangat, ramah tamah, murah senyum dan gemar menolong

tamunya, sehingga membuat “kangen” untuk kembali lagi.

Gambaran ini adalah pada umumnya manusia Indonesia memang

bercirikan demikian dan kita akui pula bahwa memang ada juga

sekelompok kecil bangsa Indonesia yang mempunyai tingkah laku

tidak seperti yang digambarkan, dan ini hanyalah ekses dari

berbagai perubahan yang saat ini sedang berlangsung di

Indonesia.

2. Keunggulan yang dimiliki oleh Malaysia:

Multikultur, etnis, pusat perbelanjaan, pedagang kaki-lima, pencurian hak cipta, pembangunan, hutan tropis, pantai pasir putih, dan gunung, semua dipasarkan Malaysia sebagai objek wisata.

Jalan mulus, trotoar tersedia di tepi jalan dan garis batas untuk kendaraan dengan pejalan kaki tergores rapih sampai di luar kota. Jalan rapih, batas kawasan pemukiman menengah, pemukiman bawah, pemukiman kelas atas, dan antara pemukiman dengan kawasan usaha, ini semua yang tidak ada di Indonesia.
Infrastruktur menjadi keunggulan Malaysia. Tersedianya tempat, transportasi, logistik bagi wisatawan membuat kenyamanan wisata.

3. Keunggulan yang dimiliki oleh Singapore:

Singapura yang disebut-sebut sebagai negeri paling makmur di Asia Tenggara ini, memang dikenal sebagai salah satu negara di benua Asia yang berkembang cukup pesat, dan hingga saat kini terus berusaha memberikan perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan negerinya.

Singapura memiliki banyak prestasi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti halnya dalam bidang perekonomian yang tumbuh secara cepat, sehingga siapa yang sangka bahwa daerah yang dulunya menjadi salah satu lokasi perperangan Perang Dunia II itu, kini tumbuh menjadi pusat perdagangan dan industri dunia.

Serta hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah Singapura memiliki objek wisata yang tak terlupakan. Hal yang pertama di cari oleh wisatawan biasanya adalah patung Marlion, yakni sebuah patung berkepala singa namun bertubuh Ikan, yang menjadi icon Singapura yang telah dikenal di seluruh dunia. Singapura juga memiliki jalanan yang tersohor hingga belahan dunia, jalanan yang paling di cari oleh wisatawan, Orchard Road, di sini terkenal sebuah istilah “Sale-abration” karena selain menyediakan produk kenamaan, produk yang dijual dengan harga miring juga tersedia disini. Bahkan ada sebuah perayaan yang dikenal dengan nama Great Singapore Shopping Challenge yang biasa diadakan pada bulan Mei hinga Juli setiap tahunnya.

Singapura terkenal sebagai surganya para penikmat kuliner dari seluruh dunia, sehingga menjadikan para penikmat kuliner tersebut menjadi seseorang yang ‘Food-a-Holic’ alias menjadi gila makan, karena memang salah satu keunggulan Singapura terletak dari banyaknya aneka kuliner yang mereka tawarkan.

Singapura juga dikenal dengan segala macam perayaan hari-hari istimewa mereka yang senantiasa di laksanakan dengan sangat meriah, yang tentu saja selalu di tunggu-tunggu oleh wisatawan dunia. Pada awal tahun, kemeriahan di awali dengan adanya New Year Party. Yang biasa diadakan meriah di seluruh penjuru kota singapura. Perayaan tahun Baru Imlek juga selalu dinanti dengan antusias, karena inilah festival paling penting dalam kalender Cina, terlebih yang terjadi di ChinaTown yang selalu dikejutkan dengan perayaan meriah.

Dan untuk dunia pariwsiata di Singapura, belum lengkap apabila kita belum menyertakan Pulau Sentosa ( Sentosa island ).

4. Keunggulan yang dimiliki oleh Thailand:

Thailand termasuk negara yang memiliki ratusan pulau dengan pantainya yang indah. Di Thailand Selatan ada Ang Thong National Marine Park. Dari Bangkok menuju arah selatan kita akan melewati begitu banyak pilihan objek wisata pantai seperti halnya Cha-am, Ko Samui, atau Ko Chang.Tak semua terkena dampak tsunami karena yang paling parah hanya di Phuket. Pantai-pantai dan pulau-pulau indah di Thailand dikelompokkan ke dalam empat wilayah. Cha-am dan Hua Hin berada di Teluk Thailand sehingga tidak terkena Tsunami. Di sana ada enam pantai lainnya, antara lain Ko Samui dan Ko Tao. Sedangkan wilayah yang terkenal tsunami adalah Pantai Andaman dengan andalannya Phuket di samping Mu Ko Similan Marine National Park, dan Mu Ko Surin Marine National Park. Dua daerah lainnya adalah daerah pantai di timur seperti Pattaya, dan Rayong. Ada juga Chumpon dan Ranong.

Untuk berwisata, Thailand tak terlalu jauh dan relatif murah, berkunjung ke sana tak terasa pergi ke tempat yang asing. Kita merasa bersahabat dengan banyak hal: wajah orang-orangnya, kemacetan jalannya, taksi atau kendaraan umum lainnya, atau pun dengan aneka macam hidangan makanannya, seperti di rumah sendiri.

5. Keunggulan yang dimiliki oleh Vietnam:

Sungai Saigon yang membelah kota juga memberi nuansa yang menambah keindahan kota ini. Selain menjual pemandangan alamnya yang indah, pemerintah Vietnam menawarkan wisata perang kepada turis. Dua objek utamanya adalah Terowongan Cu Chi di Provinsi Cu Chi, yang berjarak sekitar 60 km utara kota Ho Chi Minh, dan War Remnant Museum di kota.
Terowongan Cu Chi memang salah satu tujuan wisata yang ingin dikunjungi banyak orang untuk menyaksikan bukti-bukti kegigihan kaum komunis Vietnam melawan pasukan asing.

e. Anggaran wisata masing-masing Negara pada tahun

2007:

- Anggaran wisata Indonesia untuk tahun 2007 sebesar Rp 300 Miliar

- Anggaran wisata Malaysia untuk tahun 2007 sebesar Rp 105,7 Miliar

- Anggaran wisata Thailand untuk tahun 2007 sebesar 61 Juta Dollar / 2.5 Miliar Bath

- Anggaran wisata Vietnam untuk tahun 2007 sebesar $ 13 Juta

- Anggaran wisata Singapura untuk tahun 2007 sebesar SGD 10 Juta.

a. Objective Visit Indonesia year 2008

Tujuannya adalah membuat pariwisata Indonesia menjadi salah satu penghasilan Bangsa Indonesia. Dengan Visit Indonesia 2008 ini juga diharapkan bangsa Indonesia sebagai tuan rumah dapat lebih menyiapkan diri untuk lebih dapat bersifat global dan belajar untuk mengerti bahasa dunia. Diharapkan dengan program ini pula Indonesia dapat mengembangkan pariwisata di berbagai penjuru tempat di Indonesia, lebih menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan Negara, karena akan dilihat dan dinilai oleh Negara lain.

Continuing the success of the previous show, DEEP Indonesia 2008 will be held at a bigger andmore prestigious venue, the Jakarta Convention Center, from 28th to 30th March 2008.

With 3,000sqm of prime exhibition space, DEEP Indonesia 2008 is the opportunity to promote Diving, Adventure Travel and Water Sports to Jakarta’s new lifestyle. Exhibiting in Jakarta, home to more than 9 million people, has proven the perfect platform for promoting your business to a passionate community of diving and marine lovers.

DEEP Indonesia 2008 is the only international Diving, Adventure Travel and Water Sports exhibition to be held in Indonesia and it will be a spectacular opportunity for business networking and environmental campaign that you cannot afford to miss.

DEEP Indonesia 2008 targets some 15,000 local and international visitors and will incorporate seminars, workshops, dialogues and special events – all creatively organized to give maximum exposure to exhibitors and provide invaluable education and motivation to interested buyers and visitors. DEEP Indonesia 2008 is a focus on Indonesia’s fabulous ocean life with three main objectives :

To develop the industry and community of Scuba Diving, Travel Adventure and Water Sports in Indonesia.
To promote Indonesia's tourism industry and services to the international market.
To increase awareness of the underwater environment and the conservation of natural marine resources.
Whichever part of the industry you work in- whether it be in dive centers and water sports operations, manufacturers or adventure travel agents - Deep Indonesia 2008 will be giving large benefits if you decide to participate.

b. Marketing Strategy of Visit Indonesia year 2008

1. Marketing Strategy yang akan dipakai adalah mengadakan Tourism Package.

2. Advertising Strategy yang akan dilakukan adalah

a. Memasang Billboard, poster dan brosur

b. Membuat iklan

c. Membuat film layar lebar

d. Membuat official website

3.Public Relations yang akan dilakukan adalah

a. Mengadakan seminar

b. Mengadakan penyuluhan ke tempat-tempat wisata

c. Sponsorship

4. Event yang akan dilakukan adalah

a. Konser kebudayaan

b. Pameran kebudayaan

Marketing Estimation dari kegiatan-kegiatan ini kira- kira akan ada tujuh juta pengunjung yang akan datang ke Indonesia tahun 2008 ini.

c. Implementation for Marketing Strategy of Visit

Indonesia year 2008

  1. Marketing Strategy yang akan dipakai adalah mengadakan Tourism Package.

Tempat : Danau Toba , Borobudur, Bunaken, Bali, Madura (Karapan Sapi), Jakarta dan Irian Jaya

Tanggal : Mei 2008 – Desember 2008

Tujuan : Memberikan paket ekonomis untuk turis yang ingin bepergian secara singkat dan praktis

Isi : Paket Wisata 10 hari ke 7 titik wisata di Indonesia, sudah termasuk akomodasi dan konsumsi

2. Advertising Strategy yang akan dilakukan adalah

a. memasang Billboard, poster dan brosur

Judul : Visit Indonesia 2008

Tempat : i. Billboard : Daerah wisata dan perkotaan besar

ii. Poster : Kampus, sekolah dan kantor juga instansi pemerintah

iii. Brosur : di berbagai dept. Store dan tempat – tempat hiburan

Tujuan : menyebarkan informasi Visit Indonesia 2008 sebanyak-banyaknya ke seluruh masyarakat


b. membuat iklan

Judul : Visit Indonesia 2008

Media : Stasiun TV, Koran , tabloid , majalah dan website

Sasaran : Seluruh Negara

Tujuan : menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk mengetahui dan turut serta dalam program Visit Indonesia 2008


c. membuat film layar lebar

Judul : Love me Indonesia

Isi : Sebuah kisah romantisme sepasang kekasih yang berlatar

belakang beberapa titik pariwisata terkenal di Indonesia

Tujuan : Memperlihatkan keindahan Indonesia secara tidak langsung ke seluruh penggemar film

d. membuat official website

Judul : Visitindonesiaofficialsite.com

Isi : Dokumentasi tentang seluruh objek wisata dari bebagai propinsi

Tujuan : Memperlihatkan kelebihan pariwisata Indonesia kepada seluruh pengguna internet

3. Public Relations yang akan dilakukan adalah

a. mengadakan seminar

Judul : Visit Indonesia 2008 for us to us

Tempat : Balai Sarbini

Tanggal : 4 Maret 2008

Tujuan : Memberi pengetahuan sebanyak mungkin tentang strategi Visit

Indonesia 2008

Peserta : seluruh aparat-aparat pemerintahan dari seluruh propinsi

b. mengadakan penyuluhan ke tempat-tempat wisata

Tempat : Seluruh tempat wisata inti di Indonesia

Tanggal : 20 Februari 2008 – 3 Maret 2008

Tujuan : Memberikan pendidikan bahasa dan penyuluhan untuk persiapan

kedatangan turis dari seluruh penjuru dunia

Peserta : Seluruh aparat dan pegawai di tempat wisata di seluruh Indonesia

c. Sponsorship

Acara : Mensponsori acar- acara kebudayaan Indonesia baik di Indonesia

maupun di luar

Tujuan : menunjukkan segala itikad baik untuk membuat masyarakat

positif dengan program Visit Indonesia 2008


4. Event yang akan dilakukan adalah

a. Konser kebudayaan

Judul : Music for Indonesia Soul

Tempat : Gelora Bung Karno

Tanggal : 3 April 2008

Tujuan :Menunjukkan berbagai macam keragaman seni yang dimiliki bangsaIndonesia dari sabang sampai merauke

Media : TV dan media massa

b. Pameran kebudayaan

Judul : Indonesia Exibition

Tempat : TMII

Tanggal : 20 Maret 2008

Tujuan : Mengajak turis dan bangsa Indonesia lebih mengenal budaya

Indonesia.

Acara : Mengadakan sehari gratis di TMII

Peserta : Seluruh duta besar seluruh Negara


Pendapat mengenai keberhasilan strategi ini

Strategi yang saya terapkan di atas adalah cara terbaik yang dapat Indonesia lakukan untuk meningkatkan Tourism. Dengan event dan exibition kita dapat mengundang seluruh perwakilan dari seluruh negara untuk datang dan melihat acara tersebut, dengan harapan banyak media dapat meliputnya. Poster, billboard dan iklan yang diadakan secara besar-besaran dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mengetahui tentang program Visit Indonesia 2008. Untuk menjangkau turis dari luar negeri kita menggunakan iklan di berbagai website ternama. Seperti yang kita ketahui teknologi internet di luar Indonesia telah menjadi teknologi yang umum. Dan digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kami juga akan membuat sebuah film layar lebar dengan harapan dapat menembus box office di berbagai negara. Tentunya dengan kolaborasi dan bantuan tenaga ahli dari luar Indonesia.

Seminar yang diadakan diharapkan dapat membuat segala sendi-sendi pemerintahan di Indonesia dapat tanggap dan bersatu untuk menuju Visit Indonesia 2008. Pengadaan penyuluhan dikhususkan untuk mempersiapkan tempat-tempat wisata yang kira-kira akan dikunjungi oleh turis-turis. Dengan itu para turis dapat menikmati kepuasan yang tinggi terhadap objek wisatanaya. Kami juga akan mengadakan sponsorship dengan bidang yang selektif yaitu hanya di bidang pariwista dan budaya. Contoh pagelaran budaya di luar negeri atau konser budaya.

Terakhir kami juga membuat Tourism Package yang akan memudahkan para Turis untuk mengenal Indonesia lebih mudah.

GANTT CHART VISIT INDONESIA 2008

ACTIVITY

JAN O8

FEB O8

MAR O8

APR O8

MEI O8

JUN O8

JUL O8

AGT O8

SEP O8

OKT O8

NOV O8

DES O8

Susun kegiatan

cari sponsor

Survey

makanan

publikasi

seminar

konser

film

penyuluhan

exibition

tourism package

0 Response to "Marketing: Visit Indonesia 2008"

Posting Komentar