Analisis Skripsi Qualitative

ABSTRAK

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI
THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS – JAKARTA
PROGRAM SARJANA ILMU KOMUNIKASI

NAMA : Dindi Tartika Amanda
NIM : 2004.08.0620
JUDUL : Strategi Komunikasi Untuk Menjadi Calon Presiden Republik Indonesia (Studi Deskriptif : Sutiyoso sebagai Calon Presiden RI ke 7)
JUMLAH HALAMAN : 5 Bab, 74 Halaman, 3 Gambar, 6 Lampiran
REFERENSI : 24 Buku, 4 Situs Web.

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi untuk menjadi calon presiden Republik Indonesia . penulis mengangkat salah satu nama calon presiden yaitu Sutiyoso sebagai calon presiden RI ke 7
Tujuan dari karya tulis ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang di lakukan Sutiyoso untuk menjadi calon presiden ri ke 7 dan mengetahui hambatan dan solusi apa saja yang dapat terjadi dalam pencalonan menjadi presiden RI ke 7
Kerangka teoritis yang menjadi landasan penelitian ini sebagian besar merupakan teori-teori tentang komunikasi , teori tentang strategi komunikasi, teori politik, teori kepemimpinan , serta teori-teori lain yang mendukung penelitian.
Metode yang di gunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan meneliti strategi komunikasi Sutiyoso sebagai calon presiden RI ke 7. Yang menjadi nara sumber dalam penelitian ini adalah Sutiyoso dan Sharwan Hamid selaku ketua tim sukses dari Sutiyoso.
Setelah melakukan analisa dengan metode penelitian terkait , maka kesimpulan yang dapat di tarik adalah strategi komunikasi yang di gunakan oleh Sutiyoso dalam mencalonkan dirinya sebagai calon presiden RI , menggunakan strategi pendekatan dengan tokoh-tokoh politik dan tokoh- tokoh masyarakat, dan juga adanya pendekatan langsung dengan masyarakat ke berbagai penjuru kota di indonesia dengan membuat dialog interaktif langsung atau bisa di sebut dengan direct comunication. itu semua di lakukan untuk mencari dukungan untuk Sutiyoso melangkah maju untuk mencalonkan dirinya menjadi presiden. Dan saat ini sutiyoso masih dalam tahap di kenal dan di dukung.

ANALISIS KUALITATIF
Strategi Komunikasi Untuk Menjadi Calon Presiden Republik Indonesia (Studi Deskriptif : Sutiyoso sebagai Calon Presiden RI ke 7)

1. Metode Penelitian
Dalam penelitian skripsi Strategi Komunikasi Untuk Menjadi Calon Presiden Republik Indonesia (Studi Deskriptif Sutiyoso sebagai Calon Presiden RI ke 7) ini, penulis menggunakan penelitia Kualitatif. Yaitu penelitian yang temuan-temuannya tidak di peroleh memlalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.

2. Observasi
Penulis melakukan penelitian langsung kepada nara sumber yang dapat di percaya untuk memberikan informasi yang di butuhkan dalam penelitian strategi komunikasi untuk menjadi calon presiden Republik Indonesia ini ialah Sutiyoso (calon presiden RI ke 7) dan Sharwan Hamid (Ktua Tim sukses dari Sutiyoso).

3. Makro
Terlihat dari hasil wawancara penulis yang mendapatkan info langsung dari nara sumbernya. Nara sumber yang di pilih dan terpercaya ialah Sutiyoso (calon presiden RI ke 7) dan Sharwan Hamid (Ktua Tim sukses dari Sutiyoso).

4. Adanya Keterpihakan
Penulis mengadakan wawancara langsung terhadap nara sumbernya.

5. Uji Reliabilitas
Dalam penelitian ini tidak terdapatnya uji reliabilitas.

6. Objektifitas dari Nilai Etika
Sutiyoso menggunakan pendekatan dengan tokoh-tokoh politik dan tokoh-tokoh masyarakat dan juga adanya pendekatan langsung dengan masyarakat ke berbagai penjuru Indonesia agar mendapatnya dukungan dan melangkah maju untuk mencalonkan dirinya menjadi Presiden RI.

7. Temuan Lapangan atau Objek Penelitian
Kajian penulis berdasarkan langusng terhadap objek yang di teliti karena penulis melakukan secara langsung wawancara nara sumber yang dapat di percaya dalam penelitian ini.

8. Asumsi
Penulis menilai bahwa pencalonan Sutiyoso untuk menjadi Presiden RI ke 7 menggunakan strategi komunikasi dengan pendekatan tokoh-tokoh politik serta masyarakat secara luas yang karena Sutiyoso mempunyai kredibilitas pemimpin yang dapat di teliti apa yang membuat ia menjadi kuat dan tegas dalam membawa Negara Indonesia ke arah yang lebih jelas.

9. Nara Sumber dan Key info
Nara sumber yang terpilih dan terpercaya ialah Sutiyoso dan Sharwan Hamid karena Sutiyoso yang di angkat sebagai topik penelitian ini, di samping itu juga Sharwan Hamid lah yang menjadi tim ketua sukses Sutiyoso tersebut.

10. Induktif
Penulis dalam skripsi ini mendeskripsikan secara langsung bahwa strategi komunikasi untuk menjadi calon presiden RI dengan deskriptifnya ialah Sutiyoso sebagai calon presiden Ri ke 7 mulanya penulis menulis pengadaan pemilihan presiden ke 7 tahun 2009.berbagai pihak mulai dari ormas-ormas hingga berbagai partai politik yang ada mempersiapkan kandidat untuk terjun sebagai calon presiden dengan persaingan yang terjadi antara para mantan kandidat presiden yang terdahulu hingga para tokoh baru yang memasuki pencalonan presiden saat ini antara lain SBY,Wiranto dan Megawati yang semuanya adalah nama-nama pemain lama sedangkan tokoh-tokoh baru yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono dan Sutiyoso salah satu calon presiden yang akan di teliti adalah Sutiyoso yang seorang mantan Gubernur jakarta baru-baru ini mencalonkan sebagai kandidat presiden ke 7 dan adanya strategi komunikasi yang di terapkan Sutiyoso dan tim suksesnya dalam mencalonkan diri menjadi presiden RI tahun 2009 mendatang adalah dengan pendekatan partai politik dan tokoh-tokoh lain yang bermaksud mendukung Sutiyoso menuju Kepresidenan.partai politik yang di maksud adalah mayoritas partai baru, partai yang harus masih melewati masa verifikasi dan ada pula dialog-dialog interaktif ke berbagai daerah di Indonesia dengan maksud mendapatakan dukungan yang lebih luas lagi dari masyarakat lalu penulis juga menjelaskan fakor-faktor yang di hadapi oleh Sutiyoso sebagai calon presiden serta usaha yang di capai oleh Sutiyoso dan tim suksesnya saat ini masih dengan mendatangi masyarakat di daerah. Penulis memilih masalah ini, karena penulis ingin menggali lebih dalam tentang komunikasi politik, terutama dalam pembahasan strategi komunikasi yang di lakukan Sutiyoso untuk mengikuti pemilihan presiden Ri 2009.

0 Response to "Analisis Skripsi Qualitative"

Posting Komentar