Analisis Skripsi Qualitative

ABSTRAK

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI
THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS – JAKARTA
PROGRAM SARJANA ILMU KOMUNIKASI

NAMA : Deressi Opi Perdana Yanti
NIM : 2004.08.0471
JUDUL : Strategi Komunikasi pada Komunitas Sepeda Tua (Studi Kualitatif Eksploratif Komunitas “Jakarta Street Lowrider)
JUMLAH HALAMAN : 5 Bab, 75 Halaman, 15 Lampiran
REFERENSI : 24 Buku, 13 Websiter Internet, 4 Surat Kabar

Tren adalah suatu “wabah” yang terkadang sulit untuk di elakkan.hal itu di karenakan suatu tren dapat berarti suatu fenomena yang akan membuat seseorang a tau bahkan banyak orang mengikuti tren tersebut.salah satu tren yg muncul akhir-akhir ini adalah tren sepeda tua yang bernama lowrider.salah satu komunitas sepeda lowrider ini adalah jakarta Street Lowrider yang menjadi objek penelitian ini judul dari karya ilmiah ini adalah JUDUL : Strategi Komunikasi pada Komunitas Sepeda Tua (Studi Kualitatif Eksploratif Komunitas Jakarta Street Lowrider).penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunitas yang di gunakan oleh komunitas Jakarta Street Lowrider.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif eksploratif.pengambilan data untuk penelitian ini mengunakan teknik obserfasi dan wawancara tidak terstriktur .nara sumber untuk penelitian ini adalah para pembentuk,pengurus,anggota dari Jakarta Street Lowrider, yaitu Haris,Dedi supanto,Dede,Dewi,Taufik.
Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa komunitas Jakarta Street Lowrider terbentuk dari perkumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi dan minat yang tidak memiliki struktur organisasi yg lengkap.komutias ini hanya memiliki para pengurus atau koordinator pada setiap chapter atau wilayah yang bertugas untuk mengoordinator para anggota lainnya. Strategi komunikasi yang mereka lakukan adalah dengan cara membentuk sebuah perencanaan terlebih dahulu dan struktur organisasi sementara yg hannya di gunakan bila ada sebuah kegiatan. Kemudian mereka mengomunikasikannya melalui chapter-chapter. Media yang mereka gunakan untuk berkomunikasi adalah telepon,sms,media cetak,media elektronik dan internet.

ANALISIS KUALITATIF
Strategi Komunikasi pada Komunitas Sepeda Tua (Studi Kualitatif Eksploratif Komunitas “Jakarta Street Lowrider)

1. Metode Penelitian
Dalam skripsi ini, penulis menguraikan metode penelitian Kualitatif eksploratif. Dan juga di jelaskan bagaimana metode analisis yang akan digunakan untuk mengolah data hasil penelitian yaitu metode kualitatif. Dan analisis data yang bersifat induktif dari hasil penelitian kualitatif lebih menekankan daripada generalisasi. Serta penelitian eksploratif di gunakan untuk menggali fenomena atau gejala-gejala baru yang terjadi dan belum pernah dirasakan sehingga hasil penelitian ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya yang di adakan di masa mendatang.

2. Observasi
Penulis melakukan penelitian langsung kepada nara sumber yang mengetahuin informasi secara jelas dan dapat memberikan informasi yaitu para nara sumber:
- Haris adalah salah satu pendiri komunitas Jakarta Street Lowrider untuk menjadi nara sumber karena ia menjadi salah seorang anggota yang terpenting di komunitas ini dan mengetahui strategi komunikasi yang di jalankan.
- Dede adalah salah satu seorang pendiri komunitas Jakarta Street Lowrider yang mengetahui bagaimana komunitas ini terbentuk dan berjalan.
- Dede Supanto atau Hedot, ia mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang di gunakan dalam komunitas ini dalam penyebaran informasi.
- Dewi adalah salah seorang anggota wanita pada komunitas Jakarta Street Lowrider yang mayoritasnya anggotnya pria.
- Taufik adalah salah seorang anggota Jakarta Street Lowrider yang juga aktif dalam komunitas Depth Pedals yang menjadi salah satu komunitas yang berada di bawah naungan komunitas JSL.

3. Makro
Terlihat dari hasil wawancara yang di dapatkan penulis mendapatkan langsung info secara langsung di karenakan adanya teknik pengumpulan data dari sumber primer di lakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi serta adanya teknik pengumpulan data dari sumber sekunder di lakukan dengan cara mencari sumber-sumber data yang sudah ada khususnya internet, seperti dari blog dan website.

4. Adanya Keterpihakan
Penulis mengadakan wawancara dan observasi langsung terhadap nara sumber perkumpulan Jakarta Street L owrider yang berada di pintu 1 Senayan Jakarta Pusat.

5. Uji Reliabilitas
Dalam penelitian ini tidak terdapatnya uji reliabilitas.

6. Objektivitas dari nilai etika
Komunitas sepeda tua Jakarta Street Lowrider yang menjadi objek penelitian.

7. Temuan lapangan atau Objek penelitian
Kajian penulis berdasarkan langusng terhadap objek yang di teliti karena penulis melakukan secara langsung wawancara nara sumber yang mengetahui informasi lebih jauh tentang Jakarta Street Lowrider.

8. Asumsi
Penulis menilai bahwa strategi komunikasi yang di gunakan oleh komunitas Jakarta Street Lowrider untuk mengetahuin faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi antara anggota dan media yang di gunakan oleh Jakarta Street Lowrider untuk berkomunikasi

9. Nara Sumber dah Key info
- Haris adalah salah satu pendiri komunitas Jakarta Street Lowrider untuk menjadi nara sumber karena ia menjadi salah seorang anggota yang terpenting di komunitas ini dan mengetahui strategi komunikasi yang di jalankan. Bagi Haris dirinya tertarik karena sejarahnya dahulu dia pernah memiliki sepeda tersebut walaupun tahun 70an sepeda ini sudah masuk.
- Dede adalah salah satu seorang pendiri komunitas Jakarta Street Lowrider yang mengetahui bagaimana komunitas ini terbentuk dan berjalan. Dede mulai tertarik dengan sepeda lowrider dengan melihat di internet Lowrider dan juga majalah-majalah luar Negri, nama majalah itu ialah Lowrider
- Dede Supanto atau Hedot, adalah salah satu pendiri humas dan anggota komunitas JSL. Ia mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang di gunakan dalam komunitas ini dalam penyebaran informasi. Menurut Hedot Lowrider sebenarnya unik karna sepeda tua tahun 70an-80an lah yang masuk ke Indonesia dan salah satunya karena momen mobil Lowrider tidak mampu menjadi sepeda dan belum terlalu banyak.
- Dewi adalah salah seorang anggota wanita pada komunitas Jakarta Street Lowrider yang mayoritasnya anggotnya pria. Dewi mulai aktif ikut dalam JSL waktu bulan Mei 2007 yang membuat ketertarikannya terhadap sepeda tua Lowrider tersebut.
- Taufik adalah salah seorang anggota Jakarta Street Lowrider yang juga aktif dalam komunitas Depth Pedals yang menjadi salah satu komunitas yang berada di bawah naungan komunitas JSL.

10. Induktif
Penulis dalam skripsi awalnya tertarik untuk meneliti komunitas ini karena menjadi trendsetter pada kalangan remaja. Penulis ingin mengetahuin bagaimana sebuah komunitas sepeda tua Lowrider berkomunikasi dengan antar anggota. Dan ingin mengetahui bagaimana kehidupan komunitas ini dari awal mereke terbentuk. Awalnya penulis merumuskan masalah ”bagaimana bentuk strategi komunikasi pada komunitas Jakarta Street Lowrider?”.

0 Response to "Analisis Skripsi Qualitative"

Posting Komentar