Analisis Skripsi Quantitative

ABSTRAK

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI
THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS – JAKARTA
PROGRAM SARJANA ILMU KOMUNIKASI

NAMA : Anggrina
NIM : 2004.08.0024
JUDUL : Pengaruh Penutur Asli Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Sistem Belajar (Studi korelasional Pengajar Penutur Asli dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Motivasi Siswa-siswi SMU Abdi Siswa Jakarta)
JUMLAH HALAMAN : 5 Bab, 90 Halaman, 27 Gambar dan 4 Lampiran
REFERENSI : 20 Buku, 3 Sumber lain

Dalam era globalisasi ini letak geografis dan perbedaan bahasa bukan lagi halangan bagi seseorang dalam melakukan komunikasi. Salah satu wujud komunikasi lintas budaya ini bisa di lihat dari banyaknya sekolah-sekolah yang mengunakan penutur asli (Native Speaker) sebagai tenaga pengajar,khususnya di bidang studi Bahasa Inggris. Salah satu sekolah tersebut adalah SMU Abdi Siswa Jakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 50 respondenyang terdiri dari murid kelas I, II dan III dengan teknik Purpossive Sampling. Skala yang di gunakan adalah skala Likert. Adapun teknik analisis data mengunakan uji korelasi, yang sebelumnya di lakukan uji kuesioner terhadap 30 responden.
Terdapat pengaruh yang searah dalam (positif) dan signifikan antara variabel Native Speaker dalam sistem belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Hal itu di ketahui dari perolehan nilai r hitung yang lebih besar dari r tabel dan nilai Signifikan yang berada di bawah 0,05 (tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan 5%). Pengaruh yang signifikan artinya, jika variabel Native Speaker di tingkatkan maka variable Motivasi Belajar Siswa pun akan mengalami peningkatan. Begitu juga sebaliknya , jika variable bebas tersebut mengalami penurunan maka akan di ikuti dengan penurunan variable Motivasi Belajar Siswa.

ANALISIS KUANTITATIF
Pengaruh Penutur Asli Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Sistem Belajar
(Studi korelasional Pengajar Penutur Asli dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Motivasi Siswa-siswi SMU Abdi Siswa Jakarta)

1. Sistem Register
Skripsi ini memiliki data statistical. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif, maka untuk melakukan analisis data dalam penelitian kuantitatif ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data ini berkenaan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dari pengujian hipotesis.

2. Observasi
Observasi ini di tujukan kepada siswa-siswi SMU Abdi siswa Jakarta (ABSIS) dengan cara penulis menyebarkan kuisioner atau angket dan studi dokumentasi sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini.

3. Mikro
Penelitian ini bersifat mikro dan memiliki uji reliabilitas dan validitas. Sebelum instrumen di gunakan dalam pengambilan data maka terlebih dahulu di uji cobakan kepada 30 responden yang di pilih secara acak. Tujuan di lakukan uji coba instrumen adalah untuk mendapatkan nilai validitas dan reliabilitas dari seluruh pertanyaan yang hendak di jadikan alat ukur dalam penelitian.

4. Bebas nilai

5. Kualitas reliabilitas dan Validitas
Untuk menguji reliabilitas instrumen di gunakan koefisien reliability Alpha Cronbach yang perthitungannya menggunakan prosedur reliabilitas ada paket program SPSS for Windows Ver.13.0. tujuan perhitungan koefisien ke andalan adalah untuk mengetahui tingkat konsistensi jawaban responden jika nilai alpha lebih besar dari 0,80 maka kuesioner dapat di katakan memenuhi konsep realibitas sedangkan jika nilai alpha lebih kecil dari 0,60 maka kuesioner tidak dapat memenuhi konsep reliabilitas sehingga pertanyaan tidak dapat di jadikan sebagai alat ukur penelitian.

Hasil Uji Reliabilitas Variable X:
Case Processing Summary
N %
Cases Valid 30 100.0
Excluded* 0 0
Total 30 100.0

Reliability Statistics
Cronbach’s
Alpha N of Items
847 10

Diperoleh nilai variabel X sebesar 0,847. Angka ini berada di atas 0,60. Dengan demikian bahwa pertanyaan-pertanyaan kuesioner telah memenuhi persyaratan reliabilitas ( hasil perhitungan berupa output SPSS terlampir ).

Hasil Uji Reliabilitas Variabel Y:
Case Processing Summary
N %
Cases Valid 30 100.0
Excluded* 0 0
Total 30 100.0

Reliability Statistics
Cronbach’s
Alpha N of Items
678 10

Diperoleh nilai alpha variable sebesar 0,678. Angka Angka ini berada di atas 0,60. Dengan demikian bahwa pertanyaan-pertanyaan kuesioner telah memenuhi persyaratan reliabilitas ( hasil perhitungan berupa output SPSS terlampir ).

6. Objektivitas dari tidak ada masukan nilai etika
Dilakukannya penelitian untuk melihat pengaruh penutur asli (Native Speaker) sebagai tenaga pengajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dengan motivasi belajar siswa-siswi SMU Abdi Siswa Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang terdiri dari murid kelas I , II dan III dengan teknik Purpossive Sampling.

7. Berdasarkan kajian teoritik
Berisi uraian mengenai teori-teori komunikasi dan interaksi yang relevan dengan masalah yang di teliti serta perumusan hipotesis. Ada pun teori-teori tersebut adalah teori komunikasi, proses belajar , teori desain instruksional , teori Native Speaker, teori komunikasi budaya serta teori motivasi.

8. Hipotesis
Hipotesis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah :
1. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan penutur asli sebagai tenaga pengajar dalam mata pelajaran bahasa inggris terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMU Abdi Siswa Jakarta.

2. H0 : r x y = 0
Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penutur asli sebagai tenaga pengajar dalam mata pelajaran bahasa inggris terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMU Abdi Siswa Jakarta.
9. Uji Populasi dan sampel
Hasil penelitian akan di generalisasikan (kesimpulan data sampel untuk populasi ) maka sampel sebagai sumber data harus mewakili data untuk populasi oleh karena itu sampel yang di gunakan sebagai sumber data harus representatif dan dilakukan dengan cara pengambilan sample dan populasi secara Purpossive Sampling, yaitu siapa yang akan di ambil sebagai anggota sampel di serahkan pada pertimbangan pengumpulan data yang berdasarkan atas pertimbangannya sesuai dengan maksud tujuan.

10. Deduktif
Komunikasi saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok dan juga menjadi bagian terpenting masyarakat. Hubungan itu bisa di lihat juga dari adanya proses komunikasi dalam komunitasnya. Salah satu proses komunikasi itu sendiri adalah proses belajar mengajar antara guru dan siswa di dalam kelas. Proses pengajaran adalah suatu kegiatan yang bersifat edukatif. Interaksi yang terjadi antara guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik di dalam kelas di arahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah di rumuskan sebelum proses pengajaran itu berlangsung. Dilihat dari peran guru di dalam kelas, mereka berperan sebagai komunikator yang mengkomunikasikan mata pelajaran.

0 Response to "Analisis Skripsi Quantitative"

Posting Komentar